Pemilihan Mawapres 2010

tenang:salah satu situasi wawancara saat tes kepribadian

Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar kegiatan rutin tahunan yakni Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tahun 2010. Selasa-Rabu (9-10/3) dilaksanakan tes kemampuan bahasa Inggris dan tes kepribadian yang dimulai pukul 08.00. Kali ini, 90 mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta dari berbagai jurusan bersaing dan adu prestasi di depan para penguji, jumlah ini naik drastis dari peserta pada tahun lalu yakni 50 peserta. Antusias peserta dalam kegiatan ini sangat tinggi terbukti dari  para peserta yang datang dan melakukan persiapan sebelum tes berlangsung.

Tes kemampuan bahasa Inggris pasif yang berlangsung di aula utama A3 lt. 2 dilakukan serentak oleh peserta mulai pukul 08.00. sedangkan tes kepribadian dilakukan di ruang sidang senat Gedung A3 Lt 2 UM. Peserta melakukan tes secara bergantian, dua peserta yang datang terlebih dahulu memasuki ruangan sementara peserta lain  harus antri untuk mengikuti tes tersebut karena metode yang digunakan adalah wawancara. Sementara itu, dewan penguji dihadirkan dari jurusan yang relevan. Untuk tes  kemampuan bahasa Inggris, penguji didatangkan dari dosen jurusan Bahasa Inggris UM, Dra. Sri Andreani, M.Ed dan Dr. Enny Irawati, M.Pd. Sedangkan untuk tes Kepribadian, penguji dari dosen jurusan BKP, yakni Dr. triyono M.Pd sebagai Koordinator, Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd, Dra. Nur Hidayah, M.Pd, Dra. Henny Indreswari, M.Pd, Drs. Joko Budi Santoso, Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd, dan Drs. Harmiyanto.

antri: para peserta sedang menunggu giliran untuk tes wawancara

Endah, salah satu peserta dari jurusan Kimia angkatan 2007 mengungkapkan bahwa pemilihan mawapres ini merupakan ajang pengembangan dan persaingan dalam prestasi bagi mahasiswa UM, “saya mengikuti pemilihan ini karena untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi dan berharap bisa lolos sehingga bisa bersaing di putaran berikutnya”. Tes bahasa Inggris dan tes kepribadian ini  akan dipergunakan oleh fakultas sebagai salah satu aspek penilaian untuk menentukan tiga nominasi tingkat fakultas yang akan diumumkan pada tanggal 15 Maret mendatang.