Pelatihan Kepribadian dan PR

Sebanyak 78 mahasiswa baru mengikuti Pelatihan Kepribadian dan Public Relation yang diadakan oleh Bagian Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang. Panitia menganggap perlu diadakan pelatihan ini karena kepribadian yang baik perlu dimiliki agar mahasiswa dapat mengatur bagaimana berhubungan dengan orang lain, bekerja sama secara efektif dan saling menguntungkan serta membentuk citra positif bagi almamater.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari (7-8/11) ini merupakan kerjasama UM dengan Maksima Consulting, pemateri yang dihadirkan adalah para praktisi yang memiliki keahlian di bidang pelatihan kepribadian dan public relation dari maksima Consulting tersebut yakni Wiwin Lukitohadi, Agus Widodo, Maria Indah Susanti, dan Desi Wahyuningrianti. Berbagai metode digunakan dalam pelatihan ini yakni  Pembahasan konsep, quiz, communications game, diskusi kasus, dan latihan/role play.

Materi yang diberikan dalam pelatihan yang berlangsung di ruang sidang senat A3 Lt 2 ini yakni Kepribadian keturunan atau hasil belajar?, Pengelompokan Kepribadian&Kepribadian Idaman, Tes Kepribadian Seft Report Test dan Class Test, Langkah Sistematis dalam meningkatkan kerpibadian, Langkah Sistematis dalam meningkatkan kerpibadian, Prinsip-prinsip kepribadian: Jalan menuju peningkatan hubungan dengan orang lain, Kekuatan kepribadian: sumber kekuatan untuk mencapai prestasi, dan sebagai penutup diberikan materi, Bebaskan diri dari paradigma negative dan Pengisian Kuesioner, Konsepsi dan Praktek Publik Relations sebagai komunikator, Praktik Publik Relations dan Mengemas komunikasi. Diakhir pelatihan diadakan Pencerahan dan Pengisian Kuesioner. “pelatihan ini sangat penting menurut saya karena materinya top banget, semoga tahun depan diadakan lagi” ungkap salah satu peserta.

Kabag Kemahasiswaan, Dra Fatmawati menegaskan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan tim protokoler yang bisa diberdayakan baik di tingkat jurusan, fakultas, maupun tingkat Universitas dalam berbagai kegiatan, misalnya seminar, wisuda, dan berbagai pelatihan.