Kemahasiswaan UM Gandeng Maksima Counsulting dalam Pelatihan Dunia Kerja

Keterampilan sebelum memasuki dunia kerja saat ini sangat dibutuhkan karena semakin banyaknya persaingan jumlah lulusan dari berbagai perguruan tinggi. Untuk membekali mahasiswa agar bisa bersaing ketika lulus, Bagian KemahasiswaanUM  selenggarakan Workshop Etika dalam Dunia Kerja dan Pelatihan pembuatan Surat Lamaran, Psikotes, dan Interview.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Utama Gedung A3 Lt 3 ini adalah kerjasama UM dengan Maxima Counsulting, mulai dari metode ceramah hingga role play diberikan dalam pelatihan ini. Materi yang disediakan pada Workshop pun beragam, yakni Pemahaman Philosofi Etika, etika dalam korespondensi, etika dalam berbusana di tempat kerja, Pelatihan pemakaian dasi atau scraft, etika dalam berinteraksi dengan rekan kerja, etika dalam menggunakan peralatan kantor, etika dalam dunia kerja secara khusus, membina hubungan interpersonal di tempat kerja, etika profesional dalam bekerja (plan, do, check), etika profesional dengan atasan (report contact dan consult), etika dalam membina hubungan interpersonal di tempat kerja, budaya berpakaian di tempat kerja, dan pelatihan praktik jamuan makan (table manner) di dunia kerja.

Sementara itu, pada Pelatihan Pembuatan Surat Lamaran, Psikotes, dan Interview juga diberikan materi yang tidak kalah penting, yaitu: Proses seleksi pekerjaan yang digunakan oleh perusahaan berskala multinasional, contoh pembuatan surat lamaran, penjelasan pelaksanaan psikotes: Tes Kepribadian dan tes kemampuan umum secara global, penjelasan job interview dan job orientation, penjelasan mengenai Assessment Centre versus Outsourcing, Penjelasan mengenai kedudukan hukum seorang karyawan akan kontrak kerja  yang dilakukan dengan perusahaan, pelatihgan psikotes di dunia kerja, pembahasan psikotes, praktik pembuatan Job Aplication Letter, CV, dan Resume, pembahasan kiat-kiat dalam menghadapi interview yang dilakukan dengan Role Play, dan pembahasan sikap dan busana yang harus dikenakan dasi/scraft yang biasa digunakan dalam menghadapi perusahaan berskala multinasional.

Kegiatan yang digelar pada selasa hingga jumat (19-22/10) ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan. Endah, salah satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi ini mengaku kegiatan ini bagus untuk bekal memasuki dunia kerja tingkat nasional, “sayang kalo dilewatkan” ungkapnya seusai acara.

DOWNLOAD File Kemahasiswaan UM Gandeng Maksima Counsulting dalam Pelatihan Dunia Kerja