KEWAJIBAN MEMBUAT POSTER

Bagi mahasiswa UM yang memperoleh dana Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2010 baik bidang PKMP, PKMT, PKMK, PKMM adalah wajib membuat poster. Poster ini merupakan salah satu persyaratan pencairan dana tahap ke-2 (dua), jika tidak mengumpulkan maka dana tahap ke-2 (dua) tidak dapat dicairkan. Adapun ketentuan pembuatan poster wajib bagi semua jenis PKM 2010 adalah sebagai berikut:

  1. Identitas Poster: Logo Universitas Negeri Malang, cantumkan judul, ketua tim, dan jenis PKM.
  2. Desain poster dibuat agar menarik, berwarna, ukuran folio ukuran 22 cm (lebar) x 35 cm (tinggi), dan dicetak di kertas foto.
  3. Ditulis atau divisualisasikan secara ringkas dan dapat dibaca.
  4. Tonjolkan temuan/saran yang diperoleh.
  5. Fokuskan pada “inovasi ipteks” secara visual. Kemungkinan adanya penerapan teknologi kearah komersial.
  6. Maksimal dikumpulkan 26 April 2010, berupa 1 print out cetak lembar poster dan 1 softcopy di dalam Compac Disc (CD) (mohon diberi nama, fakultas, dan judul PKM). Penilaian dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh Pembantu Rektor III.
  7. Pemenang akan memperoleh:
  • § Juara I   Rp. 300.000,00 (Tiga Ratus Ribu Rupiah)
  • § Juara II Rp. 250.000,00 (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  • § Juara III        Rp. 200.000,00 (Dua Ratus Ribu Rupiah)
  • § Juara IV Rp. 150.000,00 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah)


PEDOMAN PEMBUATAN POSTER MENUJU PIMNAS 2010

(Berdasarkan Pedoman PIMNAS 2009)

  1. Poster berjumlah 1 (satu) lembar ukuran tinggi x lebar: 80 cm x 60 cm dipasang vertikal.
  2. Poster hendaknya terbaca dengan baik dalam jarak maksimal 7 kaki atau sekitar 2,1 meter.
  3. Disarankan menggunakan maksimal 250 kata.
  4. Panduan pengaturan tipografi: disarankan teks rata kiri (implementasi pola justified biasanya menyulitkan/meletihkan, kecuali ada pengaturan ruang antar kata). Penggunaan Line spacing 1,2 spasi.
  5. Gunakan sub-judul dengan ukuran lebih besar dari teks (dapat juga memberi garis bawah/menggunakan bold).
  6. Batasi panjang kolom tidak lebih dari 11 kata.
  7. Gunakan tidak lebih dari 2 typeface (jenis huruf)/font.
  8. Dianjurkan tidak menggunakan all-caps (semua huruf kapital).
  9. Tentukan margin yang sesuai dengan besar kolom.
  10. Desain Lay-out poster diminta memperhatikan prinsip keseimbangan formal – non formal; simetris – asimetris, prinsip kesatuan dalam pengaturan elemen gambar, warna, latar belakang, dan gerak, sehingga mengarahkan mata pembaca mengalir ke seluruh area poster.
  11. Diperlukan penekanan terhadap hal mana yang diutamakan (hirarki kontras).
  12. Isi poster hendaknya terbaca secara terstruktur untuk kemudahan navigasinya. Tercantum di dalamnya ada judul, nama pelaksana dan logo PT asal sebagaimana lazimnya poster ilmiah sebagai bahan tujuan komunikasi lebih lanjut/korespendensi. Judul, nama & afiliasi, latar belakang /introduksi/abstrak, metode, hasil (teks & gambar/fotografi/skema), Simpulan, Referensi (tambahan), Sponsor/lembaga (+logo), detail kontak, tanggal & waktu pelaksanaan/penelitian.
  13. Keterangan Latar belakang, hendaknya singkat langsung kepada tujuan permasalahan (Tujuan–Metode–Hasil). Dilengkapi rencana usaha atau aktivitas usaha secara kuantitatif (nominal) untuk PKMK, penjelasan teknologi yang diterapkan bagi mitra sasaran untuk PKMT, profil masyarakat sasaran dan luarannya untuk PKMM, dan teori-metode yang diusung untuk PKMP. Gambar produk jika ada akan sangat mendukung impresi pelaksanaan kegiatan secara visual.
  14. Poster disarankan dibuat dengan perangkat lunak aplikasi menggunakan komputer misalnya CorelDraw, Adobe Photoshop dan sejenisnya (dengan grafik, tabel disertai hasil dokumentasi fotografi) yang dicetak melalui printer.
  15. Resolusi yang disarankan untuk kualitas cetakan adalah minimal 300 dpi.

Download: Poster Baru