LKMM-TL 2010 Gelombang I dan II Digelar Beruntun

Secara beruntun, bagian Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM-TL)/Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Kader Bangsa gelombang I dan II. LKMM-TL gelombang I ini digelar tanggal 23-26/9, dilanjutkan gelombang II (26-29/9) yang masing-masing diikuti oleh 20 mahasiswa dari berbagai fakultas di UM. Meskipun digelar secara beruntun,

kegiatan ini berjalan tertib. Sejumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah mahasiswa yang dinyatakan lulus dari LKMM Tingkat Dasar (TD) dan LKMM Tingkat menengah (TM). “Anda adalah mahasiswa pilihan yang telah terpilih dari sekitar 22.000 mahasiswa di UM.  Oleh karena itu, maksimalkan potensi Anda pada pelatihan ini, karena saya yakin, 10 tahun yang akan datang, Andalah yang akan menjadi pemimpin bangsa ini, tegas Bapak Kadim Masjkur.

Kegiatan yang digelar di hotel Aster Batu ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan, nilai dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin tingkat nasional, mahasiswa dapat menemukan program pengembangan masyarakat yang perlu dilakukan untuk kepentingan masyarakat luas, menjabarkan gagasan mengenai program pengembangan masyarakat itu ke dalam langkah-langkah kongkrit yang perlu dilakukan, dan menuangkan gagasan ke dalam sebuah proposal.

Hadir sebagai pemateri dari Dikti, Diskusi Analisis dan Diagnosis Situasi, Drs. Hariadi, M.A, materi Diskusi Demokrasi dan HAM, Martono SH, M.Si, dan materi Indikator Kesejahteraan, Dra. Agnestuti,M.Sc serta Dr. Sutikno. Tidak hanya itu, panitia menghadirkan pemandu dari Dikti, Drs. Benny Herawanto, M.Psi, UNESA dan Ir. Budi Utomo K.W., M.Eng dari ITS. Selain itu, didatangkan dosen UM sebagai pendamping pemandu, yakni Dra. Sri Rahayu Lestari, M.Si, Yuliati Hotifah, S.Psi, M.Pd, Evi Eliyanah, SS, MA, dan Dra. Hayuni Retno W., M.Si. Dalam penyajiannya, para pemandu ini menggunakan metode ceramah, diskusi, studi kasus, Workshop Kunjungan/studi lapangan.

Salah satu peserta LKMM-TL gelombang 2, Anggun Rhytme menyebutkan bahwa LKMM-TL ini sangat bermanfaat, ”banyak ilmu yang saya dapatkan dari pelatihan ini yang tidak didapatkan di materi kuliah, semoga ilmu yang kita dapatkan ini bermanfaat, baik untuk diri sendiri,  masyarakat, dan negara”, ungkapnya.