Mahasiswa Ikuti Monev Internal PKM 2010

Jumat (30/4) dilaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) internal PKM yang didanai Dikti Tahun 2010. Sebanyak 48 judul PKMM, 150 judul PKMK, 122 PKMK, dan 45 PKMT dilaporkan oleh masing-masing tim mahasiswa penerima dana.

Agenda kegiatan yang dilaksanakan di Aula Utama UM, gedung A3 Lt 2 ini adalah laporan kemajuan, presentasi power point/CD, pemaparan Produk Hasil Kegiatan dan Foto/dokumentasi kegiatan, penggunaan keuangan dan logbook. Kegiatan dimulai dengan pengarahan oleh tim penalaran UM dari beberapa Fakultas yakni dari dosen FS, Prof. Dr. Moch. Ainin, M. Pd, dosen FMIPA Drs. Purbo Suwasono, M.Si dan Dr. Endang Suarsini, M.S, dosen FE Dr. Heny Kusdiyanti, MM, dosen FT Ahmad Fahmi, ST., MT dan Drs. Solichin ST, M.Kes, dan dosen FIK Dr. Saichuddin M. Kes. Tim penalaran ini bertugas untuk memonitoring sejauh mana PKM yang dijalankan oleh mahasiswa.

Setelah memberikan pengarahan, tim penalaran memandu mahasiswa untuk melaporkan perkembangan tahapan-tahapan PKM yang dilaksanakan oleh masing-masing tim dari mahasiswa. Masing-masing dosen memonitor dan mengevaluasi PKM tersebut dalam bentuk kelompok. Mahasiswa mempresentasikan perkembangan PKM yang telah dilaksanakan dengan durasi 15 menit dan melakukan tanya jawab dalam waktu 15 menit. Selain itu masing-masing tim PKM memaparkan hambatan-hambatan yang dialami, tim penalaran memberikan masukan dan solusi-solusi terbaik agar program yang telah dilaksanakan berjalan baik, “persiapan saya dalam kegiatan ini adalah menyiapkan bahan-bahan yang telah ditentukan sebelumnya oleh tim penalaran Universitas dan akan memaparkan hambatan yang dialami oleh tim saya, karena kemarin sempat mengalami kendala, kamera digital yang kami gunakan untuk observasi di lokasi jatuh ke lumpur” ungkap Anisatun Nadiroh, salah satu peserta PKM dari jurusan geografi.

Monev