Mahasiswa Ikuti Pelatihan Penyusunan PKM Gelombang ke Dua

Mahasiswa sedang fokus memperhatikan materi PKM yang diberikan para pemateri

Hari ini, Jumat (2/7) sejumlah 250 mahasiswa penerima beasiswa PPA dan BBM tahun 2010 ikuti pelatihan penyusunan proposal PKM gelombang ke dua. Mahasiswa yang berasal dari semua Fakultas di UM ini tiba di tempat kegiatan, Aula utama, gedung A3 Lt 3 UM pada pukul 08.00 WIB.

Pada sesi pertama, Dr. Heny Kusdiyanti, MM tampil sebagai pemateri PKMK. Dalam pemaparannya, Bu Heny, demikian sapaan akrabnya menyampaikan tujuh kelompok bidang PKM, yakni Bidang Kesehatan, pertanian, MIPA, teknologi dan rekayasa, sosial ekonomi, humaniora, dan bidang pendidikan. Selain pemaparan tersebut, beliau juga menjelaskan tentang persyaratan administratif dalam PKMK dan aturan penulisan proposal.

Sementara itu, pada sesi ke dua, hadir Dr. Saichudin, M.Kes yang juga tim pengembang penalaran universitas menjelaskan tentang PKMP. Dalam materinya beliau menjelaskan tentang pengelompokan PKMP berdasarkan hasil penelitian, yakni hasil penelitian kuantitatif,  hasilpenelitian kualitatif, hasil kajian pustaka, dan hasil kerja pengembangan.

Pemateri saat memberikan materi tentang PKM

Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan tentang kelompok bidang keilmuan PKMP, yakni bidang teknologi dan rekayasa: informatika, teknik dan teknologi pertanian, bidang sosial ekonomi: agribisnis (pertanian), ekonomi, ilmu sosial dan ilmu politik, bidang humaniora: agama, bahasa, budaya, filsafat, hukum, sastra dan seni, dan bidang pendidikan: program studi ilmu-ilmu pendidikan dibawah fakultas kependidikan.

Sementara itu, Kabag Kemahasiswaan, Dra. Fatmawatu menegaskan bahwa tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan mahasiswa tentang PKM yang berkualitas “saya berharap melalui pelatihan ini mahasiswa mampu menciptakan PKM yang berkualitas sehingga bisa lolos untuk didanai Dikti, tidak hanya untuk sebagai syarat pencairan beasiswa saja, tetapi PKM yang berbobot sehingga dapat menambah jumlah PKM UM yang lolos didanai Dikti dan maju ke Pimnas” tegasnya.

Mahasiswa Ikuti Pelatihan Penyusunan PKM Gelombang ke Dua