PEDOMAN PMLHN MAWAPRES

02/4.2/WKAM/09

PEDOMAN UMUM


PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

DIREKTORAT AKADEMIK

2009

KATA PENGANTAR

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional yang berlangsung sejak tahun 2004 telah memberikan dampak positif pada budaya menghargai karya prestasi mahasiswa di kalangan perguruan tinggi. Dalam rangka mengadopsi beberapa masukan dari berbagai pihak, Direktorat Akademik senantiasa tanggap untuk menyempurnakan pedoman pemilihan ini. Dengan disempurnakannya pedoman ini diharapkan tata cara pemilihan mahasiswa berprestasi dapat berjalan lebih lancar, objektif, dan dapat dipertangung-gugatkan (akuntabel).

Keberlangsungan pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini masih perlu dipertahankan dalam rangka memberikan motivasi berprestasi di kalangan mahasiswa dan menciptakan iklim akademik yang kondusif. Selain itu, diharapkan proses pemilihan ini, di masa yang akan datang akan diadopsi menjadi sebuah sistem dalam manajemen perguruan tinggi.

Semoga buku pedoman ini dapat dijadikan acuan bagi penyelenggara pemilihan mahasiswa berprestasi baik di tingkat perguruan tinggi/Kopertis maupun di tingkat nasional.

Jakarta,   Maret 2009

Direktur Akademik,

ttd

Illah Sailah

NIP 131128918

Hal. :

Kata Pengantar

i

Daftar Isi

ii

I.

PENDAHULUAN

1

A. Latar Belakang

1

B. Pengertian

2

C. Dasar Hukum

2

D. Tujuan

2

E. Peserta

2

II.

PERSYARATAN MAHASISWA BERPRESTASI

3

III.

KOMPONEN PENILAIAN

3

A. Komponen Penilaian per Tahap

3

B. Uraian Komponen Penilaian

4

IV.

PROSEDUR PEMILIHAN

5

A. Prosedur Pemilihan Tingkat Perguruan Tinggi dan Kopertis

5

B. Prosedur Pemilihan Tingkat Nasional

6

C. Tata Cara Penilaian Tingkat Nasional

6

V.

JADWAL KEGIATAN

7

VI.

KELENGKAPAN ADMINISTRASI

10

VII

PEMBIAYAAN DAN PENGHARGAAN

10

VIII.

PENUTUP

11

Lampiran :

1.

Penjelasan tentang Karya Tulis Ilmiah

2.

Daftar Rekapitulasi Nilai Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Berprestasi Tingkat Perguruan Tinggi

3.

Daftar Rekapitulasi Penilaian Mahasiswa Tingkat Perguruan Tinggi

4.

Daftar Rekapitulasi Penilaian Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahap Awal

5.

Daftar Rekapitulasi Penilaian Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahap Akhir

6.

Formulir Penilaian Naskah Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Berprestasi

7.

Formulir Penilaian Presentasi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Berprestasi

8.

Formulir Penilaian Bahasa Inggris Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahap Awal

9.

Formulir Penilaian Bahasa Inggris Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahap Akhir

10.

Daftar Kegiatan Ko- dan Ekstra-Kurikuler

11.

Formulir Penilaian Kegiatan Ko- dan Ekstra Kurikuler

DAFTAR ISI


I.   PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermantabat dalam rangka mencerdas-kan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembang­kan potensi peserta didik (mahasiswa) agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Perguruan tinggi secara terus menerus mengembangkan iklim akademis yang demokratis agar dapat mendukung pelaksanaan proses pembelajaran yang mengarahkan mahasiswa menjadi lulusan sebagai insan pembelajar sepanjang hayat.

Mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas untuk mengembangkan soft skills-nya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab dan gigih. Kemampuan ini dapat mahasiswa peroleh dari pembekalan secara formal melalui kurikulum akademik, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler. Namun, tidak semua mahasiswa mau dan mampu untuk menjadi pembelajar yang sukses. Acapkali mahasiswa dengan nilai akademik yang tinggi tidak memanfaatkan peluang untuk menggunakan waktunya dalam kegiatan kokurikuler dan ekstra kurikuler. Sebaliknya mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan kegiatan pengembangan soft skills tidak memperoleh nilai akademik yang tinggi. Sementara itu, dalam era persaingan bebas dibutuhkan lulusan yang memiliki hard skills dan soft skills yang seimbang. Oleh karenanya di tiap perguruan tinggi perlu diidentifikasi mahasiswa yang dapat melakukan keduanya secara baik dan diberi penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi.

Dalam rangka memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang telah ber­hasil mencapai prestasi yang baik, maka perlu diselenggarakan program pemi­lihan Mahasiswa Berprestasi yang dilakukan secara berjenjang dan ber­tingkat. Agar pelaksanaan pemilihan Mahasiswa Berprestasi dapat ber­jalan dengan tertib dan lancar, maka diperlukan suatu Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Pedoman ini digunakan sebagai acuan bagi pihak penyelenggara di perguruan tinggi dan pihak panitia pusat.

B.  Pengertian

Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi akademik tinggi dalam bidang ilmu/teknologi/seni yang ditekuninya, ber­jiwa Pancasila, aktif dalam kegiatan ko dan ekstra-kurikuler, serta patut dibanggakan.

C.     Dasar Hukum

  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-Undang Repulik Indonesia No.9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan
  3. Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi
  4. Peraturan Pemerintah (PP) No. 61 Tahun 1999 tentang Penetapan Perguruan Tinggi sebagai Badan Hukum
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 15 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
  7. Keputusan Mendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa
  8. Keputusan Mendiknas No. 045/U/2000 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi

D.    Tujuan

  1. Memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi.
  2. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiat­an kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra-kurikuler sebagai wahana mensinergikan hard skills dan soft skills mahasiswa.
  3. Mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.

E.   Peserta

Peserta pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa pada perguruan tinggi yang berada di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.

II.   PERSYARATAN MAHASISWA BERPRESTASI

  1. Warga negara RI
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa S1 minimal semester VI dan maksimal semester VII, untuk program Diploma III minimal semester IV dan maksimal semester V, serta belum dinyatakan lulus pada saat pemilihan Mahasiswa Berprestasi di tingkat nasional.
  3. Memiliki kartu tanda mahasiswa (KTM) yang masih berlaku
  4. Pada saat pemilihan Mahasiswa Berprestasi di tingkat nasional berusia tidak lebih dari 24,00 tahun.
  5. Memenuhi kriteria pemilihan Mahasiswa Berprestasi

III. KOMPONEN PENILAIAN

A. Komponen Penilaian

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merujuk pada penampilan individu maha­siswa yang memenuhi kriteria pemilihan dengan menggunakan beberapa macam unsur. Penilaian mencakup unsur prestasi akademik (IP Kumulatif), karya tulis ilmiah, kepribadian, dan kegiatan ko dan ekstra-kurikuler, serta kemampuan berbahasa Inggris

Unsur-unsur yang dinilai pada pemilihan di tingkat perguruan tinggi adalah

1) IP Kumulatif

2) Karya tulis ilmiah

3)  Kegiatan ko dan ekstra-kurikuler

4) Bahasa Inggris

5)  Kepribadian (dijadikan pertimbangan untuk melihat kepatutan sebagai mahasiswa berprestasi)

Penjelasan penulisan karya tulis ilmiah dan borang perhitungan IP kumulatif masing-masing dapat dilihat pada Lampiran 1 dan Lampiran 2. Pada Lampiran 3 diperlihatkan daftar rekapitulasi penilaian mahasiswa tingkat perguruan tinggi.

Adapun unsur-unsur yang dinilai pada pemilihan di tingkat Kopertis dan tahap awal tingkat nasional adalah tiga unsur berikut ini:

1) Karya tulis ilmiah

2) Kegiatan ko dan ekstra-kurikuler

3) Bahasa Inggris (ringkasan karya tulis ilmiah)

Komposisi penilaian tahap awal di tingkat nasional dapat dilihat secara rinci pada Lampiran 4.

Unsur-unsur yang dinilai pada pemilihan tahap akhir tingkat nasional adalah sebagai berikut:

1) Karya tulis ilmiah

– 60% makalah

– 40% presentasi

2) Kegiatan ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler

– 60% dokumen

– 40% wawancara

3) Bahasa Inggris

4) Kepribadian (dijadikan pertimbangan untuk melihat kepatutan sebagai mahasiswa berprestasi)

Komposisi penilaian tahap akhir di tingkat nasional dapat dilihat secara rinci pada Lampiran 5.

B. Uraian Komponen Penilaian

  1. 1. Indeks Prestasi Kumulatif

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah nilai akademik rata-rata yang diperoleh secara kumulatif sesuai dengan aturan masing-masing per­guruan tinggi. IPK hanya dinilai dalam proses pemilihan Mahasiswa Berprestasi sampai pemilihan tingkat perguruan tinggi/ Kopertis.

  1. 2. Karya tulis ilmiah

Karya tulis ilmiah yang dimaksud dalam pedoman ini merupakan tulisan ilmiah hasil dari kajian pustaka dari sumber terpercaya yang berisi solusi kreatif dari permasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam, serta diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. Untuk mahasiswa program Diploma/politeknik karya tulis ilmiah bisa berbasis karya teknologi

  1. 3. Kegiatan ko dan ekstra-kurikuler

Kegiatan ko-kurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan di luar kegiatan intra-kurikuler tetapi sangat menunjang kegiatan akademik. Kegiatan ekstra-kurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan di luar intra-kurikuler dan tidak menunjang secara langsung kegiatan akademik.

Kegiatan intra-kampus adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa intra-kampus dan/atau oleh perguruan tinggi. Kegiatan ekstra-kampus adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi ekstra-kampus. Penilaian ko-kurikuler dan ekstra-kuri­kuler dilakukan berdasarkan daftar kegiatan dan wawancara.

Organisasi intra-kampus adalah organisasi yang secara sah berada di perguruan tinggi dan dibentuk berdasarkan surat keputusan pimpinan perguruan tinggi. Organisasi ekstra-kampus adalah semua organisasi yang tidak termasuk organisasi intra-kampus.

4.     Bahasa Inggris

Penilaian bahasa Inggris dilakukan melalui dua tahap yaitu (1) penulisan ringkasan (bukan abstrak) berbahasa Inggris dari karya tulis ilmiah dan (2) presentasi dan diskusi dalam bahasa Inggris. Penulisan ringkasan bertujuan untuk menilai kecakapan mahasiswa dalam menulis berbahasa Inggris. Presentasi dengan topik tertentu dan dilanjutkan dengan diskusi bertujuan untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi lisan

5.     Kepribadian

Kepribadian mahasiswa berprestasi dapat diuji melalui uji yang disediakan oleh perguruan tinggi masing-masing (wawancara, tes tertulis dan sebagainya). Kisi-kisinya adalah bahwa mahasiswa ber­prestasi ini tidak memperlihatkan ketidakpatutan dalam bersikap, cenderung berfikiran maju dan sikap yang baik sesuai dengan prestasi yang dicapai.

Hasil evaluasi kepribadian tidak dinilai secara kuantitatif, tetapi dijadikan bahan pertimbangan untuk menentukan kepatutan sebagai Mahasiswa Berprestasi.

IV. PROSEDUR PEMILIHAN

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat jurusan/bagian, fakultas, perguruan tinggi (universitas/institut/sekolah tinggi/ politeknik) sampai dengan tingkat nasional.

A. Prosedur Pemilihan Tingkat Perguruan Tinggi dan Kopertis

  1. Untuk perguruan tinggi swasta dilaksanakan pemilihan Mahasiswa Berprestasi di tingkat Kopertis.
  2. Prosedur pemilihan Mahasiswa Berprestasi pada tingkat univer-sitas/institut/sekolah tinggi/politeknik dan Kopertis (bagi perguruan tinggi swasta) diatur sebagai berikut:
    1. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat program studi/jurusan/departemen/ fakultas, dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dan disahkan oleh jurusan/departemen/fakultas.
    2. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat perguruan tinggi (universitas/institut/sekolah tinggi/politeknik) dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dan disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi yang bersangkutan.
    3. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Kopertis dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dan disahkan oleh Koordinator Kopertis.
    4. Panitia pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat program studi/jurusan/ departemen/fakultas, memilih satu orang mahasiswa terbaik untuk mengikuti pemilihan selanjutnya.
    5. Mahasiswa Berprestasi terbaik pertama dari perguruan tinggi negeri termasuk politeknik negeri dan dua terbaik (Juara I dan II)  di tingkat Kopertis berhak mengikuti pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional.
    6. Lima belas orang Mahasiswa Berprestasi hasil pemilihan tingkat nasional tahap awal berhak mengikuti pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional tahap akhir.
    7. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional tahap akhir akan menetapkan juara I, II, dan III.
    8. Hasil pemilihan pada setiap jenjang (program studi/ jurusan/departemen/fakultas/perguruan tinggi/Kopertis) dituang-kan dalam Berita Acara Pemilihan.

B. Prosedur Pemilihan Tingkat Nasional

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di tingkat nasional dilakukan oleh Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, dengan dua tahap sebagai berikut:

1.   Pemilihan awal dilakukan berdasarkan kelengkapan administrasi/per­syaratan, karya tulis ilmiah, daftar kegiatan ko dan ekstra-kurikuler, ringkasan karya tulis ilmiah berbahasa Inggris.

2.   Pemilihan akhir dilakukan terhadap 15 Mahasiswa Berprestasi yang lolos pemilihan awal. Penilaian tahap akhir dilakukan berdasarkan hasil penilaian makalah dan presentasi makalah karya tulis ilmiah, daftar kegiatan dan wawancara mengenai kegiatan ko dan ekstra-kurikuler, presentasi dan diskusi dalam bahasa Inggris, serta tes kepribadian.

C. Tata Cara Penilaian Tingkat Nasional

Rincian penilaian makalah dapat dilihat pada Lampiran 6 dan rincian peni­laian presentasinya dapat dilihat pada Lampiran 7. Penilaian Bahasa Inggris dilakukan terhadap kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan (ringkasan karya tulis ilmiah). Komponen penilaian bahasa Inggris pada tahap awal dan akhir dapat dilihat pada Lampiran 8 dan Lampiran 9.

Kegiatan ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler dituangkan secara tertulis sesuai dengan format yang ada pada Lampiran 10 pedoman ini. Setiap komponen sudah mendapatkan nilai masing-masing sehingga penilaian dapat dilakukan secara kuantitatif sebagaimana dirinci pada Lampiran 11.

Penetapan pemenang dilakukan dengan menjumlahkan nilai dari empat kriteria tersebut. Nilai tertinggi akan dijadikan ukuran untuk menentukan Mahasiswa Berprestasi terbaik. Jika salah satu komponen penilaian memiliki nilai di bawah 60% dari nilai maksimum, maka mahasiswa yang ber­sangkutan tidak dapat dinominasikan menjadi pemenang pertama sampai dengan ke tiga.

V.      JADWAL KEGIATAN

Jadwal kegiatan secara tentatif dari pemilihan Mahasiswa Berprestasi disaji­kan pada Bagan di halaman berikut. Penjelasan dari Bagan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. 1. Bulan Maret
    1. Pemberitahuan pelaksanaan pemilihan dari Ditjen Dikti
    2. Pembentukan panitia tingkat program studi/jurusan/departemen/ fakultas/ perguruan tinggi/Kopertis.
    3. Penyampaian pedoman dan bahan-bahan pemilihan dari Ditjen Dikti ke perguruan tinggi/Kopertis
    4. Rapat Koordinasi Penetapan Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional oleh Ditjen Dikti
  1. 2. Bulan April
    1. Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat program studi/jurusan/fakultas/perguruan tinggi/Kopertis
    2. Penyampaian Hasil Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat program studi/jurusan/departemen/fakultas ke tingkat perguruan tinggi
    3. Penyampaian Hasil Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat perguruan tinggi swasta ke Kopertis
    4. Penetapan Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional oleh Ditjen Dikti
    5. Penetapan Tim Penilai Tingkat Nasional
    6. Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat perguruan tinggi/Kopertis
  1. 3. Bulan Mei – Juni
    1. Laporan Hasil Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Perguruan Tinggi/Kopertis ke Ditjen Dikti Depdiknas
    2. Seleksi kelengkapan administrasi Mahasiswa Berprestasi Tingkat Perguruan Tinggi/Kopertis.
    3. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional Tahap Awal.
    4. Pemberitahuan hasil pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional Tahap Awal ke seluruh perguruan tinggi.
  1. 4. Bulan Juli
    1. Undangan Pemilihan Tingkat Nasional Tahap Akhir
    2. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahap Akhir
    3. Laporan Hasil Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahap Akhir ke Perguruan Tinggi/Kopertis
  1. 5. Bulan Agustus

Undangan menghadiri upacara 17 Agustus di Depdiknas kepada Juara I, II, dan III Mahasiswa  Berprestasi  Tingkat Nasional dan para finalis lainnya.

Bagan Jadwal Kegiatan

No.

Kegiatan

Maret

April

Mei

Juni

Juli

Agustus

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

Penyebaran informasi

2

Pemilihan tingkat perguruan tinggi/Kopertis

3

Pengiriman nama, kelengkapan administrasi dan karya tulis ilmiah ke tingkat nasional (Dikti)

4

Penilaian Nasional tahap awal

(desk evaluation)

5

Penilaian Nasional Tahap Akhir

  • Psikotes
  • Bahasa Inggris
  • Presentasi
  • Wawancara Ekskul

Pengumuman nama Mahasiswa Beprestasi Tingkat Nasional

6

Undangan menghadiri Upacara 17 Agustus Depdiknas

VI.    KELENGKAPAN ADMINISTRASI

Kelengkapan administrasi untuk proses pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan bagian dari data yang diperlukan sebagai bahan penilaian. Secara rinci dokumen yang disiapkan untuk seleksi nasional tahap awal adalah:

(1)     Surat Pengantar dari pimpinan perguruan tinggi yang menyatakan penghargaan dan kebanggaan terhadap prestasi mahasiswa yang diusulkan

(2)     Pasfoto berwarna terakhir ukuran 4 ´ 6 sebanyak tiga buah

(3)     Daftar rekapitulasi Indeks Prestasi Kumulatif per semester seperti yang tertera pada Lampiran 9.

(4)     Karya tulis ilmiah

(5)     Ringkasan (bukan abstrak) yang ditulis maksimal dua halaman dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris berisi latar belakang, tujuan, metode, analisis-sintesis, kesimpulan dan saran

(6)     Formulir isian kegiatan ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler serta dokumen pendukungnya

Semua salinan bukti kegiatan penunjang harus dilampirkan dan disusun secara berurutan sesuai dengan urutan dari isian kegiatan pada Lampiran 10.

VII. PEMBIAYAAN DAN PENGHARGAAN

Pembiayaan penyelenggaraan pemilihan di tingkat perguruan tinggi dan Kopertis ditanggung oleh perguruan tinggi masing-masing dan Kopertis. Pembiayaan penyelenggaraan pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional dibebankan kepada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang relevan pada Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan dana sumbangan lain yang sah dan tidak mengikat.

Mahasiswa yang terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional diberi penghargaan berupa Piagam Penghargaan dan hadiah lainnya dari Menteri Pendidikan Nasional. Mahasiswa Berprestasi tingkat perguruan tinggi/Kopertis diberi penghargaan dari perguruan tinggi sesuai dengan kebi­jakan lembaga yang bersangkutan.

VIII. PENUTUP

Pada dasarnya pelaksanaan pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan salah satu upaya pengembangan prestasi mahasiswa untuk menumbuh-kembangkan kegiatan akademik sebagai bagian dari upaya menegakkan tradisi akademik di lingkungan kampus. Pedoman secara tertulis ini disampaikan kepada masing-masing perguruan tinggi dan Kopertis dengan harapan pihak perguruan tinggi dapat mengadakan seleksi yang lebih baik dan mengikuti aturan yang telah ditentukan dan dirumuskan di tingkat pusat dengan tidak mengabaikan situasi dan kondisi masing-masing perguruan tinggi dan Kopertis.

Kriteria-kriteria yang digunakan dalam pedoman pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional ini mungkin belum sepenuhnya memenuhi harapan sehingga masih perlu dilakukan upaya penyempurnaan di masa yang akan datang. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan.

Lampiran  1

Penjelasan tentang Karya Tulis Ilmiah

A.  Pengertian:

Karya tulis Ilmiah yang dimaksud dalam pedoman ini merupakan tulisan ilmiah hasil dari kajian pustaka dari sumber terpercaya yang berisi solusi kreatif dari permasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam, serta diakhiri dengan kesimpulan yang relevan.

B.  Tema dan Topik Tulisan

Cakupan tulisan terdiri dari bidang ilmu/teknologi/seni. Bidang yang ditulis tidak dibatasi oleh bidang yang ditekuninya dan mengacu pada satu tema yaitu :

”Peningkatan Daya Saing Bangsa berbasis Keunggulan Lokal”

Berikut ini beberapa alternatif topik yang dapat dipilih sebagai acuan penulisan berdasarkan bidangnya.

1.   Alternatif Topik Bidang IPA

  1. Pendayagunaan potensi berbagai sumberdaya alam (air, udara, darat, biologis)
  2. Pendayagunaan teknologi untuk pemanfaatan berbagai sumberdaya
  3. Pengembangan sumber energi terbarukan

2.    Alternatif Topik Bidang IPS

  1. Pengembangan kesadaran dan sistem hukum (nasional)
  2. Pengembangan Tripartit (tiga serangkai) Pemerintah, BUMN dan Swasta
  3. Pengembangan menuju masyarakat madani (civil society)
  4. Pelestarian nilai-nilai sosial budaya
  5. Peranan komunikasi massa dalam perubahan sosial budaya
  6. Pengembangan pariwisata dan dampak sosialnya
  7. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan
  8. Penanggulangan kekerasan dalam rumah tangga
  9. Kesadaran akan bahaya pornografi/pornoaksi
  10. Peningkatan ekonomi rakyat
  11. Pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah

3.   Alternatif Topik Bidang Ilmu Pendidikan

  1. Pengembangan kualitas sumberdaya manusia
  2. Pengembangan pendidikan guru/dosen
  3. Pengembangan pendidikan luar sekolah dan belajar berkelanjutan
  4. Pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)
  5. Pengembangan pendidikan luar biasa
  6. Pengembangan metoda dan evaluasi pembelajaran menggunakan pendekatan SCL (student centered learning)
  7. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan
  8. Pendidikan layanan khusus (pendidikan bagi masyarakat di daerah terpencil atau yang terkena bencana)
  9. Pengembangan pendidikan dengan metoda home schooling
  10. Pengembangan pendidikan anak usia dini
  11. Pengembangan pendidikan tinggi
C.  Sifat dan Isi Tulisan

Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

  1. Kreatif dan Objektif
    1. Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk memberikan solusi suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara divergen atau pemikiran yang terbuka.
    2. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasa­lahan subjektif.
    3. Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi dari sumber terpercaya.
    4. Bersifat asli (bukan karya jiplakan)
    5. Logis dan Sistematis
      1. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.
      2. Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis-sintesis, kesimpulan dan rekomendasi.
      3. Isi tulisan berupa hasil kajian pustaka atau hasil kajian pustaka yang didukung oleh hasil peng­a­matan dan/atau wawancara.
      4. Materi karya tulis ilmiah tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni mahasiswa.
      5. Materi karya tulis ilmiah merupakan isu mutakhir
      6. Karya tulis ilmiah belum pernah diikutsertakan dalam lomba karya tulis di tingkat manapun kecuali pada rangkaian pemilihan Mahasiswa Berprestasi.

D.  Dosen Pembimbing

Penulisan karya tulis ilmiah dianjurkan untuk dibimbing oleh seorang dosen secara intensif.

E.   Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan berisi rancangan yang teratur sebagai berikut.

  1. 1. Bagian Awal
    1. Halaman Judul (huruf besar, mencantumkan nama penulis dan nomor induk dan perguruan tinggi asal ditulis dengan jelas).
    2. Lembar Pengesahan (memuat judul, nama penulis, dan nomor induk) ditandatangani oleh Dosen Pembimbing (apabila ada), dan Pembantu/Wakil Rektor/Ketua/Direktur Politeknik/Direktur Bidang Kemahasiswaan lengkap dengan stempel perguruan tinggi, diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.
    3. Kata Pengantar dari penulis.
    4. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.
    5. Ringkasan maksimal 2 halaman ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Ringkasan dalam bahasa Inggris ditulis secara terpisah untuk keperluan penilaian kemampuan berbahasa Inggris
    6. 2. Bagian Inti
    7. a. Pendahuluan

Bagian Pendahuluan berisi: latar belakang dan perumusan masalah, uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan, serta tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.

  1. b. Telaah Pustaka

Telaah Pustaka berisi uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.

  1. c. Metode Penulisan

Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan meng­u­raikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan/atau informasi, pengolahan data dan/atau informasi, analisis-sintesis, meng­ambil kesimpulan, serta merumuskan saran atau reko­men­da­si.

  1. d. Analisis dan Sintesis

Bagian ini berisi analisis-sintesis permasalahan dida­sarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alter­natif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.

e.    Kesimpulan dan Rekomendasi

Kesimpulan harus konsisten dengan analisis dan sintesis pada pem­bahasan dan menjawab tujuan. Rekomendasi disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan diseminasi gagasan atau adopsi gagasan oleh masyarakat.

  1. 3. Bagian Akhir

Bagian akhir memuat daftar pustaka dan lampiran jika diperlukan.

F.   Persyaratan Penulisan

  1. Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 30 hala­man, menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, menggunakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll., sbb.
  2. Naskah diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman Style). Jarak pengetikan antara bab dan subbab tiga spasi, subbab dan kalimat di bawahnya dua spasi. Judul bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak empat cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi. Judul subbab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan. Judul anak subbab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi satu cm yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan. Jika masih ada subjudul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada tingkatan di atasnya, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
  3. Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari tiga baris diketik satu spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.


Lampiran 2

Daftar Rekapitulasi

Nilai Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Berprestasi

Tingkat Perguruan Tinggi

(Dikeluarkan oleh Dekan/Pembantu Direktur Akademik)

Nama                                      : ……………………………………………………..

Program studi/Jurusan/

Departemen                           : ……………………………………………………..

Fakultas                                              : …………………………………………………..

Semester

Nilai IP

Jumlah SKS

yang Telah

Diambil

Peringkat

Tahun

1

2

3

4

5

6

7

8

Nilai IPK =

Total SKS =

..…………………….., …..…200..

Dekan Fakultas/Pembantu Direktur Akdemik ………………….

( ………………………………….)


Lampiran 3

Daftar Rekapitulasi

Penilaian Mahasiswa Berprestasi

Tingkat Perguruan Tinggi

Nama                                      : ……………………………………………………………..

Program studi/Jurusan/

Departemen                           : ……………………………………………………………..

Fakultas                                              : ……………………………………………………………..

No.

Komponen yang Dinilai

Nilai

1

IP Kumulatif : IPK ´ 100 ´ 20%

4

2

Karya tulis ilmiah :

Nilai tulisan + Nilai Presentasi ´ 100 ´ 30 %

1000

3

Kegiatan ko- dan ekstra-kurikuler

Nilai yang diperoleh ´ 100 ´ 25 %

Nilai tertinggi pada populasi

4

Bahasa Inggris

Nilai yang diperoleh ´ 100 ´ 25 %

Nilai tertinggi pada populasi

Total Nilai : (maksimal 100)

……………….., …………200 …

Ketua Penilai,

(…………………………………..)


Lampiran 4

Daftar Rekapitulasi

Penilaian Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional

Tahap Awal

Nama                                      : …………………………………………………

Program studi/Jurusan/

Departemen                           : …………………………………………………

Fakultas                                              : …………………………………………………

Perguruan Tinggi                   : …………………………………………………

No.

Komponen yang Dinilai

Nilai

1

Karya tulis ilmiah :

Nilai tulisan ´ 100 ´ 40 %

600

2

Kegiatan ko- dan ekstra-kurikuler

Nilai yang diperoleh ´ 100 ´ 30 %

500

3

Bahasa Inggris

Nilai yang diperoleh ´ 100 ´ 30 %

Nilai maksimal populasi

Total Nilai : (maksimal 100)

……………….., …………200 …

Ketua Penilai,

(…………………………………..)


Lampiran 5

Daftar Rekapitulasi

Penilaian Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional

Tahap Akhir

Nama                                      : …………………………………………………

Program studi/Jurusan/

Departemen                           : …………………………………………………

Fakultas                                              : …………………………………………………

Perguruan Tinggi                   : …………………………………………………

No.

Komponen yang Dinilai

Nilai

1

Karya tulis ilmiah :

Nilai tulisan ´ 100 ´ 40 %

1.000

2

Kegiatan ko- dan ekstra-kurikuler

[(Nilai Tahap Awal ´ 70%) + (Nilai Wawancara ´ 30%)] ´ 30%

3

Bahasa Inggris

Nilai yang diperoleh ´ 100 ´ 30 %

Nilai maksimal populasi

Total Nilai : (maksimal 100)

……………….., …………200 …

Ketua Penilai,

(…………………………………..)

Lampiran 6

Formulir Penilaian
Naskah Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Berprestasi

Nomor Peserta                       :  …………………………………………………..

Nama Peserta             :  …………………………………………………….

Jurusan /Fakultas       :  …………………………………………………….

Perguruan Tinggi       :  …… …………………………………………….

No

Kriteria Penilaian

Bobot

Skor

Skor terbobot

1

Format Makalah:

v      Tata tulis: ukuran kertas, tipografi,  kerapihan ketik, tata letak, jumlah halaman

v      Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

10

(5)

(5)

2

Kreatifitas Gagasan:

v      Kreatif, inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat

v      Keaslian gagasan

v      Kejelasan pengungkapan ide, sistematika pengungkapan ide

15

(5)

(5)

(5)

3

Topik yang dikemukakan:

v      Kesesuaian judul dengan tema, topik yang dipilih dan isi karya tulis

v      Aktualitas topik dan fokus bahasan yang dipilih

5

4

Data dan sumber informasi:

v      Kesesuaian informasi dengan acuan yang digunakan

v      Keakuratan data dan informasi

10

(5)

(5)

5

Analisis, Sintesis, dan Simpulan

v      Kemampuan menganalisis dan mensintesis

v      Kemampuan menyimpulkan bahasan

v      Kemampuan memprediksi dan mentransfer gagasan untuk dapat diadopsi

20

(10)

(5)

(5)

SKOR TERBOBOT TOTAL  maksimal :600

60

Catatan:                                                                                                   …..………….….., …….…200 …

  1. Nilai skor yang diberikan

berkisar dari 4 sampai dengan 10                                                     Juri,

  1. Skor terbobot = bobot ´ nilai skor

(………………………………..)


Lampiran 7

Formulir Penilaian
Presentasi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Berprestasi

Nomor Peserta                       : ………………………………………………………….

Nama Peserta                         : ………………………………………………………….

Perguruan Tinggi       : ………………………………………………………….

No

Kriteria Penilaian

Bobot

Skor

Skor terbobot

1

Penyajian:

−      Sistematika penyajian dan isi

−      Alat bantu

−      Penggunaan bahasa tutur yang baku

−      Cara presentasi (sikap)

−      Ketepatan waktu

15

(3)

(3)

(3)

(3)

(3)

2

Tanya jawab:

−    Kebenaran dan ketepatan jawaban

−    Cara menjawab

25

(20)

(5)

SKOR TERBOBOT TOTAL

MAKSIMAL =400

40

Catatan:

1.   Nilai skor yang diberikan berkisar                                     …..………..…., …….…200 …

antara 4 sampai dengan 10

  1. Skor terbobot = bobot × nilai skor                                       Juri,

(…..……………………….)

Lampiran 8

Formulir Penilaian Bahasa Inggris
Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional
Tahap Awal
(Penilaian terhadap Ringkasan Karya Tulis)

Nama Peserta                                     : ………………………………………………………….

Program studi/Jurusan/

Departemen                           : ………………………………………………………….

Fakultas                                              : ………………………………………………………….

Perguruan Tinggi                       : ……………………………………………………………….

No

Komponen Penilaian

Sebaran Nilai

Nilai

1

Content

13 – 30

2

Organization

7 – 20

3

Vocabulary

7 – 20

4

Language Use

5 – 25

5

Mechanics

2 – 5

Total Nilai: (Maksimal 100)

…..………..…., …….…200 …

Juri,

(…..……………………….)

Lampiran 9

Formulir Penilaian Bahasa Inggris
Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahap Akhir
(Penilaian terhadap Presentasi Lisan dari Topik Pilihan)

Nama Peserta                                     : ………………………………………………………….

Program studi/Jurusan/

Departemen                           : ………………………………………………………….

Fakultas                                              : ………………………………………………………….

Perguruan Tinggi                       : ………………………………………………………………..

No

Komponen Penilaian

Bobot

Skor

Skor Terbobot

1

Grammar

3

2

Vocabulary

3

3

Pronunciation

2

4

Language Use

1

5

Content

1

Total Nilai: (Maksimal 100)

…………………………, …….…200 …

Juri,

(…..……………………….)

Lampiran 10

PASFOTO

BERWARNA

TERBARU

4 ´ 6

Daftar Kegiatan Ko- dan

Ekstra-Kurikuler

(Diisi dengan huruf  kapital dan tinta hitam)

1. Nama Lengkap
2. Jenis Kelamin Laki-laki/Perempuan  *)
3. Tempat & tanggal lahir
4. Alamat lengkap
Telp./Fax
HP
Email
5. Status Pendidikan Semester
Program Studi
Jurusan
Fakultas
Univ/Inst/ST/Poltek
6. Riwayat Pendidikan SD Thn lulus
SLTP Thn lulus
SLTA Thn lulus
7. Hobby
8. Keterampilan yg dapat dibanggakan
9. Bahasa Asing yang Dikuasai
10. Orang Tua Ibu Nama
Pendidikan
Pekerjaan
Bapak Nama
Pendidikan
Pekerjaan

*) Coret yang tidak perlu

11.  Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan

a.  Kegiatan Organisasi Intra-kampus (maksimum 6 kegiatan terunggul)

No.

Nama Organisasi

Kedudukan (Ketua/BPH/ Anggota)

Lama Berorga­­nisasi

Nama Pimpinan Organisasi

Tingkat (Jur/Fak/PT)

1.

2.

3.

4.

5.

6.

b.  Kegiatan Organisasi Ekstra-kampus (maksimum 6 kegiatan terunggul )

No.

Nama Organisasi

Kedudukan (Ketua/BPH/ Anggota)

Lama Berorga­­nisasi

Nama Pimpinan Organisasi

Tingkat (Lokal/ Wil/ Nas/ Internasional)

1.

2.

3.

4.

5.

6.

c.  Kegiatan Kepanitiaan Intra-kampus (maksimum 6 kegiatan terunggul)

No.

Nama Organisasi

Kedudukan (Ketua/BPH/ Anggota)

Lama Berorga­­nisasi

Nama Pimpinan Organisasi

Tingkat (Jur/Fak/PT)

1.

2.

3.

4.

5.

6.

d.  Kegiatan Kepanitiaan Ekstra-kampus (maksimum 6 kegiatan terunggul )

No.

Nama Organisasi

Kedudukan (Ketua/BPH/ Anggota)

Lama Berorga­­nisasi

Nama Pimpinan Organisasi

Tingkat (Lokal/ Wil/ Nas/Internas)

1.

2.

3.

4.

5.

6.

12. Kegiatan Ilmiah Mahasiswa

a.  Penghargaan Kegiatan Ilmiah (maksimum 7 Penghargaan)

No

Nama Penghargaan

Tahun Perolehan

Bentuk Penghargaan

Lembaga Pemberi (Pem/Non Pem)

Tingkat (Nas/ Prov/ Kab/Kec/ Kel/)

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

b.  Hasil Penelitian Mahasiswa Intra-kampus (maksimum 5 Judul)

No

Judul Penelitian

Kedudukan (Ketua/Anggota/ Kolektor data)

Waktu Penelitian

Lokasi Penelitian

Tingkat (Jur/Fak/

PT)

1.

2.

3.

4.

5.

c.  Hasil Penelitian Mahasiswa Ekstra-kampus (maksimum 5 Judul)

No

Judul Penelitian

Kedudukan (Ketua/Anggota/Kolektor data)

Waktu Penelitian

Lokasi Penelitian

Tingkat (Lokal/

Wil/ Nas/ Internasional)

1.

2.

3.

4.

5.

d.  Penyaji Makalah/Moderator Kegiatan Ilmiah Intra-kampus (maksimum 10 Judul)

No

Judul Makalah

Kedudukan (Ketua/Anggota/ Moderator/ Notulis)

Waktu dan Tempat Penyajian

Penyeleng­gara

Tingkat (Jur/Fak/

PT)

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.
8.
9.
10.

e.  Penyaji Makalah/Moderator Kegiatan Ilmiah Ekstra-kampus (maksimum 10 Judul)

No

Judul Makalah

Kedudukan (Ketua/Anggota/ Moderator/ Notulis)

Waktu dan Tempat Penyajian

Penyeleng­gara

Tingkat (Lokal/Wil/ Nas/Inter-nasional)

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.
8.
9.
10.

f.   Peserta Seminar Ilmiah Intra-kampus (maksimum 15 Kegiatan)

No

Nama Seminar

Waktu

Tempat

Penyeleng­gara

Tingkat (Jur/Fak/

PT)

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

g.  Peserta Seminar Ilmiah Ekstra-kampus (maksimum 15 Kegiatan)

No

Nama Seminar

Waktu

Tempat

Penyele­nggara

Tingkat (Lokal/Wil/ Nas/Inter-nasional )

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

  1. Kegiatan Penunjang Lainnya

a.  Pengabdian pada Masyarakat Intra-kampus (maksimum 7)

No

Nama Kegiatan

Kedudukan (Ketua/ Anggota)

Waktu

Tempat

Tingkat (Jur/Fak/

PT)

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

b. Pengabdian pada Masyarakat Ekstra-kampus (maksimum 7)

No

Nama Kegiatan

Kedudukan (Ketua/ Anggota)

Waktu

Tempat

Tingkat (Lokal/ Wil/ Nas/ Internas)

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

c.  Pengalaman kerja (maksimum 4)

No.

Jenis Profesi

Lembaga Pemberi (Pem/Non Pem)

Waktu

Jabatan/Posisi

Relevansi dengan Prodi

1.

2.

3.

4.

d. Peserta Pelatihan (maksimum 7 pelatihan)

No

Nama Pelatihan

Waktu Pelatihan (Jam)

Tempat

Penye­lenggara

Tingkat (Lokal/Wil/ Nas/Inter-nasional )

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

e. Prestasi dalam Bidang Penalaran, Minat dan Bakat (3 tahun terakhir)

No

Nama Prestasi

Peringkat

Kelompok/ Individu

Waktu

Penyeleng­gara

Tingkat (Lokal/ Wil/Nas/ Internas)

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya.

………….………………………., 2009

( …….………………………… )

Catatan :

Apabila ada tambahan informasi yang dianggap penting dapat ditulis di kertas tersendiri.


Lampiran 11

Formulir Penilaian

Kegiatan Ko- dan Ekstra Kurikuler

Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 20 . .

Khusus untuk Penilai

Tabel 1.          Kegiatan Organisasi Intra-kampus (6 terunggul)

Tingkat

Jabatan

Bobot

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Jml Keg.)

Jurusan Ketua

BPH Lainnya

Anggota

4

2

1

Fakultas Ketua

BPH Lainnya

Anggota

6

4

2

Perguruan Tinggi Ketua

BPH Lainnya

Anggota

8

6

3

Total

Tabel 2 Kegiatan Organisasi Ekstra–kampus (6 terunggul)

Tingkat

Jabatan

Bobot

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Jml Keg.)

Lokal Ketua

BPH Lainnya

Anggota

4

2

1

Wilayah Ketua

BPH Lainnya

Anggota

6

4

2

Nasional Ketua

BPH Lainnya

Anggota

8

6

3

Internasional Ketua

BPH Lainnya

Anggota

10

8

5

Total


Tabel 3.          Kegiatan Kepanitiaan Intra-kampus (7 terunggul)

Tingkat

Jabatan

Bobot

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Jumlah Kegiatan)

Jurusan Ketua

BPH Lainnya

Anggota

3

2

1

Fakultas Ketua

BPH Lainnya

Anggota

4

3

2

Perguruan Tinggi Ketua

BPH Lainnya

Anggota

6

4

2

Total

Tabel 4.          Kegiatan Kepanitiaan Ekstra-kampus (7 terunggul)

Tingkat

Jabatan

Bobot

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Jumlah Kegiatan)

Lokal Ketua

BPH Lainnya

Anggota

3

2

1

Wilayah Ketua

BPH Lainnya

Anggota

4

3

2

Nasional Ketua

BPH Lainnya

Anggota

6

4

2

Internasional Ketua

BPH Lainnya

Anggota

8

6

4

Total


Tabel 5.          Penghargaan Prestasi Akademik Mahasiswa (maksimal 7)

Lembaga Pemberi

Tingkat

Bobot*

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Jumlah Kegiatan)

Lokal Nasional (Pusat)

Provinsi

Kabupaten/Kota

Kecamatan

Kelurahan

5

4

3

2

1

Nasional Nasional

Provinsi

Lokal

4

3

2

Internasional

Total

*) penghargaan bersifat individu, jika kelompok harus berbagi.

Tabel 6.          Hasil Penelitian Mahasiswa (maksimal 10 buah)

Tingkat

Peran

Bobot

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Jumlah Kegiatan)

Lokal/Jurusan Ketua

Anggota

Kolektor Data

5

4

3

Wilayah/

Fakultas

Ketua

Anggota

Kolektor data

8

6

4

Nasional/Perguruan Tinggi Ketua

Anggota

Kolektor Data

10

8

5

Internasional Lintas Negara Ketua

Anggota

Kolektor Data

15

10

8

Total


Tabel 7.          Penulis dan Penyaji Makalah atau Moderator Kegiatan Ilmiah Intrakampus (maksimal 10 terunggul)

Tingkat

Peran

Bobot

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Juml Keg)

Jurusan Ketua

Anggota

Moderator

3

2

1

Fakultas Ketua

Anggota

Moderator

4

2

1

Perguruan Tinggi Ketua

Anggota

Moderator

6

4

2

Total

Tabel 8.          Penulis dan Penyaji Makalah atau Moderator Kegiatan Ilmiah Ekstra-kampus (maksimal 15 terunggul)

Tingkat

Peran

Bobot

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Jumlah Kegiatan)

Kota/Kabupaten Ketua

Anggota

Moderator

4

3

3

Provinsi Ketua

Anggota

Moderator

6

5

5

Nasional Ketua

Anggota

Moderator

8

6

6

Internasional di Dalam Negeri Ketua

Anggota

Moderator

9

7

7

Internasional di Luar Negeri Ketua

Anggota

Moderator

10

8

8

Total


Tabel 9.          Pengabdian pada Masyarakat Intra-kampus (maksimal 14 terunggul)

Tingkat

Peran

Bobot

Jumlah

Keg.

Nilai

(bobot ´ Jumlah Keg.)

Jurusan Ketua

Anggota

4

3

Fakultas Ketua

Anggota

6

5

Perguruan Tinggi Ketua

Anggota

8

6

Total

Tabel 10.        Pengabdian pada Masyarakat Ekstra-kampus (maksimal 14 terunggul)

Tingkat

Peran

Bobot

Jumlah

Keg.

Nilai

(bobot ´ Jumlah Keg.)

Lokal Ketua

Anggota

4

3

Provinsi Ketua

Anggota

6

5

Nasional Ketua

Anggota

8

6

Internasional Ketua

Anggota

10

8

Total

Tabel 11.        Pekerjaan Penunjang Prestasi Mahasiswa

Jenis Pekerjaan

Bobot

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Jumlah Keg.)

Relevan dengan Jurusan/Prodi

3

Tidak Relevan dengan Jurusan/Prodi

2

Berwirausaha

4

Total


Tabel 12.        Peserta Seminar Ilmiah (total maksimal 30 terunggul)

Tingkat

Bobot

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Jumlah Keg.)

Jurusan

2

Fakultas

3

Perguruan Tinggi

5

Luar Perguruan Tinggi

5

Total

Tabel 13.        Peserta Pelatihan Intra-kampus (maksimal 7 kegiatan terunggul)

Tingkat

Bobot

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Jumlah Kegiatan)

Jurusan

1

Fakultas

3

Perguruan Tinggi

5

Total

Tabel 14.        Peserta Pelatihan Ekstra-kampus (maksimal 7 kegiatan terunggul)

Tingkat

Bobot

Jumlah

Kegiatan

Nilai

(bobot ´ Jumlah Kegiatan)

Kota/Kabupaten

1

Provinsi

3

Nasional

5

Internasional

7

Internasional di Luar Negeri

10

Total


Tabel 15.        Prestasi dalam Bidang Penalaran, Minat dan Bakat (3 tahun terakhir)

Tingkat

Peringkat

Bobot

Jumlah Prestasi

Nilai

(bobot x Jumlah Kegiatan)

Individu

Kelompok

Individu

Kelompok

Perguruan Tinggi/ Kota/Kabupaten

I

II

III

4

2

1

2

1

0,5

Provinsi

I

II

III

6

4

2

3

2

1

Nasional

I

II

III

8

6

3

4

3

1,5

Internasional

I

II

III

10

8

4

5

4

2

…………….., ……………200…

Juri,

(………………………………)