Pelaksanaan PHBD UM 2016

Tindak lanjut Progam Hibah Bina Desa 2016

Progam Hibah Bina Desa atau yang biasa disebut dengan PHBD merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Tim Program Hibah Bina Desa dari Dewan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (DMFIS) Universitas Negeri Malang (UM) mendapatkan bantuan dana dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2016 sebesar Rp. 40.000.000,-.

Tim Bina Desa Dewan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (DMFIS UM) mulai menyusun rencana kegiatan dan program kerja. Diawali dengan survey lapangan dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat, akhirnya program-program disepakati untuk dilaksanakan. Pada kesemptan kali ini Desa Donomulyo menjadi sasaran Program Bina Desa yang digagas Tim Bina Desa DMFIS UM dengan judul “Himpunan Pemuda Desa Donomulyo (HIMPEDES) Wadah Pemberdayaan Pemuda Desa Donomulyo Berbasis Usaha Ekonomi Produktif”. Selain berkerjasama dengan Pemerintah Desa Donomulyo, Tim Bina Desa DMFIS UM juga menjalin kerjasama dengan beberapa mitra untuk mendukung kesuksesan program. Mitra tersebut tidak hanya lembaga pemerintah dan dinas-dinas terkait, namun juga kelompok-kelompok wirausahawan dan teknisi serta ahli yang dapat mendukung program. Salah satunya dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang, Badan Pemberdayaan Kabupaten Malang.

Sebagai langkah awal pengenalan program, Tim Bina Desa DMFIS UM mengadakan kegiatan “Sosialisasi Program Bina Desa, Pembentukan dan Pelantikan Himpunan Pemuda Desa (HIMPEDES) Donomulyo” pada tanggal 1 Agustus 2016 di Gedung Trisula Donomulyo, Kecamatan Donomulyo, Kab. Malang. Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Camat Donomulyo tersebut dihadiri oleh Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malang, Kepala Desa Donomulyo beserta perangkat desa. Selain itu jajaran pimpinan UM juga turut hadir dalam kegiatan, antara lain Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed selaku Wakil Rektor III UM, Dr. I Nyoman Ruja, S.U. selaku Wakil Dekan III FIS UM sekaligus sebagai Pembina Tim Bina Desa DMFIS UM, Drs. Taat Setyohadi selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan UM, Drs. Imam Khotib, M.AP selaku Kepala Subbagian Minat Penalaran dan Ikatan Alumni UM. Setelah sambutan dan pembukaan acara, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan anggota HIMPEDES dan penandatanganan berita acara. Penandatanganan berita acara dilakukan oleh perwakilan anggota HIMPEDES dan Kepala Desa Donomulyo disaksikan oleh Ketua Tim Bina Desa DMFIS UM, Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang, Sekretaris Camat Donomulyo, dan Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malang. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Keorganisasian dan Kelembagaan oleh Bapak Gunawan Wibisono selaku Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malang. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengarahan program dan pembentukan struktur organisasi serta pembagian subbidang HIMPEDES.

Kegiatan Bina Desa dilaksanakan secara berkelanjutan. Sejak dilantik pada 1 Agustus 2016 kelompok pemuda terus berinovasi dan mengembangkan kegiatan secara mandiri dengan bimbingan tim PHBD. Langkah selanjutnya pada tahun 2017 ini akan mengajukan proposal kegiatan kepada Dinas Pertanian dan Perkebunan dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malang.

phbd

Pelantikan HIMPUNAN PEMUDA DESA (HIMPEDES) Desa Donomlyo