SASANA BUDAYA DIGOYANG

Rabu, (5/5) Universitas Negeri Malang (UM) memulai Babak Penyisihan Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Regional (Peksiminal) Jawa Timur Tangkai Lomba Dangdut Tahun 2010. Kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta putri dan 13 peserta putra.

Kegiatan yang digelar di Gedung Sasana Budaya ini dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang kemahasiswaan, Kadim Masjkur pada pukul 09.00 WIB.

Sebagai lagu pembuka, panitia menampilkan Abdul Majidin, mahasiswa Fakultas Teknik yang menyanyikan satu buah lagu, setelah dihibur oleh Abdul Majidin ini lomba secara langsung dimulai, peserta pun telah siap tampil dengan kostum-kostum pilihan yang menarik dan dengan nada dasar yang telah ditetapkan sehari sebelum pelaksanaan lomba oleh masing-masing peserta. Dalam kompetisi bergengsi ini gedung Sasana Budaya digoyang oleh para peserta se-Jatim. Tidak tanggung-tanggung, tiga dewan juri didatangkan langsung dari profesional musik dangdut yakni Bapak Pompong  Supardjo pelaku seni etnik, campursari dan seni pertunjukan, aktif sebagai pengamat seni-seni tradisional dan modern, Bapak Bayu Wijayanto, S.Sn, M.Sn, dosen pengajar pada fakultas seni pertunjukan isi Yogyakarta, pengajar vokal di studio 17 solo, sekretaris (cepa)- Center Exellent For Performance Arts ISI Yogyakarta, aktif sebagai dewan juri solo vokal dan paduan suara lokal dan regional, aktif dalam penelitian musik-musik etnik nusantara, dewan juri ke tiga yakni Ibu Fera yang aktif sebagai pengamat atau dewan juri spesialis vokal dangdut dan pelaku seni solo vokal.

Pada ajang tarik suara tingkat mahasiswa ini, peserta dari UM untuk kategori putri, Evi Tri Rahayu tampil di urutan ke dua sedangkan kategori putra, Richi Rizkyanto tampil di urutan ke 11. Setelah keseluruhan peserta tampil dengan masing-masing teknik pembawaan lagu dan gayanya, dewan juri mengumumkan pemenang lomba dengan membacakan berita acara.

Dari 23 peserta tersebut diambil lima besar putra dan lima besar putri untuk maju ke babak final. Peserta yang lolos tersebut adalah Anton Triono dari Universitas Brawijaya, Richi Rizkyanto dari UM, Syanu Rachmad R. mahasiswa Universitas Trunojoyo, Ocky Triarta J.K. dari Univ. Negeri Surabaya, dan Anton Sujarwo dari Univ. Muhammadiyah Malang. Sedangkan untuk kategori putri adalah Widoretno Purwaningtyas dari Universitas Jember, Dahlia Wahyuni dari Univ. Negeri Surabaya, Kurnia Yuliana dari Univ. PGRI Adi Buana Surabaya, Anggun Dian P. mahasiswa Univ. Kanjuruhan, dan Evi Tri Rahayu dari Universitas Negeri Malang.

Lomba berlangsung hingga pukul pukul 15.00 WIB. Setelah diumumkan pemenag oleh dewan juri, peserta yang masuk dalam babak final melakukan check sound dan pengambilan nada dasar. Hari ini peserta akan kembali adu kebolehan  pada kompetisi dangdut tingkat Jatim ini di babak final.

Pak Kadim Masjkur PR Bid Kemahasiswaan UM saat membuka acara

Abdul Majidin, mahasiswa UM menampilkan lagu pembuka untuk menghibur peserta dan tamu yang hadir

Salah satu peserta saat tampil di panggung

Mb Tiwi, mahasiswa UM saat menghibur hadirin

Salah satu juri mempersiapkan bahan untuk penilaian lomba