UM Bekali Mahasiswa dalam Menyusun Proposal PKM

Pemateri, Ahmad Fahmi, ST, MT saat menyampaikan materi tentang PKMM

Kamis (1/7), Bagian Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang (UM) adakan pelatihan penyusunan proposal PKM untuk mahasiswa penerima beasiswa tahun 2010.  Sebanyak 250 mahasiswa penerima beasiswa PPA dan BBM fokus ikuti kegiatan yang digelar di Aula utama, Gedung A3 Lt2 ini.

Hadir sebagai pemateri pertama sekaligus tim pengembang penalaran Kemahasiswaan UM, Prof. Dr. M. Ainin, M.Pd. Dalam pemaparannya, Pak Ainin, demikian sapaan akrab dosen Fakultas Sastra ini, menjelaskan tentang jenis-jenis PKM, pencerahan kreativitas, kiat menggali masalah, sistematika, dan format penulisan PKM. Sementara itu, pemateri ke dua Ahmad Fahmi, ST, MT. Dosen Jurusan Teknik memaparkan tentang PKMM, dalam pemaparannya, Reviewer DP2M-Dikti Bidang Pengabdian kepada Masyarakat ini menjelaskan bahwa PKMM bertujuan untuk mendorong pengembangan gagasan dan kreativitas mahasiswa sejak awal dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui diseminasi dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau  kesenian untuk pemberdayaan masyarakat. ”Alhamdulillah bisa ikut pelatihan ini, bisa dapet ilmu gratis dan menggali kreativitas” ungkap Alfia, salah satu peserta pelatihan.

Untuk Tahap pertama, pelatihan dimulai pukul 08.30 dan berakhir pukul 12.00 WIB. Sementara itu, tahap ke dua dimulai pukul 12.00-15.00 WIB. Sebagai pemateri dalam tahap ke dua ini hadir Dr. Saichudin, M.Kes, Drs. Purbo Suwasono, M.Si, dan Dr. Endang Suarsini, M.S. yang merupakan tim reviewer PKM UM. Sementara itu pelatihan tahap ke tiga dan ke empat akan dilangsungkan besuk (Jumat, 1/7) yang akan dihadiri Dr. Heny Kusdiyanti, MM, Drs. Solichin, ST, M.Kes Drs. Purbo Suwasono, M.Si, Dr. Endang Suarsini, M.S. dan Ahmad Fahmi, ST, MT sebagai pemateri.

UM Bekali Mahasiswa dalam Menyusun Proposal PKM