UM Gelar OPPEK dan PP LKMM 2010

Tahun 2010, Bagian Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang kembali menggelar Orientasi Pengembangan Pendamping Kemahasiswaan (OPPEK) & Pelatihan Pemandu Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (PP-LKMM). Kegiatan yang berlangsung selama empat hari (5-8/7) ini dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Bapak Kadim Masjkur pada pukul 14.00 WIB. Kegiatan ini merupakan ketiga kalinya yang diselenggarakan oleh Bagian Kemahasisawaan.

Acara yang diikuti oleh 38 dosen perwakilan masing-masing fakultas di UM ini bertujuan untuk membantu peserta menguasai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pemandu dalam melaksanakan OPPEK/LKMM di perguruan tinggi, meningkatkan jumlah dan kualitas tenaga pemandu OPPEK/LKMM, menyiapkan tenaga instruktur LKMM-Tingkat Dasar, LKMM-Tingkat Menengah, dan LKMM-Tingkat Lanjut/Pelatihan Kader Bangsa yang memiliki kualifikasi sebagai pemandu.

Sebagai pemandu, panitia menghadirkan pemandu nasional dari Dikti, yakni Bapak Benny Herawanto, Budi Utomo, dan Indrajaya. Dalam pelatihan yang dilangsungkan di hotel Aster Batu ini metode yang digunakan oleh para pemanadu adalah ceramah, diskusi, latihan, eksperimen, simulasi, dan penugasan.

Para peserta mengikuti pelatihan dengan tertib dan disiplin karena setiap sesi memiliki poin, jika peserta meninggalkan tiga sesi, maka dinyatakan gugur. “dengan mengikuti kegiatan ini saya mendapat banyak ilmu baru, sungguh menyenangkan” ungkap salah satu peserta. Sementara itu, dalam sambutan penutupan yang dilaksakan pada hari terakhir kegiatan, Bapak Kadim Masjkur berharap agar setelah mendapat materi dari kegiatan ini, para peserta dapat mengembangkan ilmunya di universitas sebagai pemandu LKMM maupun sebagai pendamping mahasiswa dalam kegiatan yang lain, “saya berharap agar ilmu yang Anda dapat bermanfaat untuk mendampingi mahasiswa kita dalam melaksanakan kegiatan, saya yakin Anda semua berkompeten itu itu, dan singkat kata, semua layak jadi PR III, imbuhnya diselingi guyonan segar.”

Selain itu, Kabag Kemahasiswaan berharap agar alumni PP-LKMM ini diberdayakan oleh fakultas dalam pembinaan dan pendampingan mahasiswa di masing-masing fakultas/jurusan.

DOWNLOAD Daftar nama peserta

DOWNLOAD MATERI DI BAWAH INI

1.Hakikat Belajar-ok

2. PENDEKATAN PENYELESAIAN SECARA SISTEMATIS

3.1. HAKIKAT PROGRAM PANDUAN

3.2. Hakikat Panduan-M

4.2 RTAP-M

4. 1.RINCIAN TUGAS PEMANDU

ALUR KEGIATAN PANDUAN

BULKONAH OPPEK

exp beri Instruksi 2

EXP.BERI INSTRUKSI

kurikulum LKMM

Non Ceramah@

Renungan Belajar-beriinstruksi

FOTO-FOTO KEGIATAN