UM Gelar Plthn Poster Ilmiah

Kamis (18/3), Universitas Negeri Malang (UM) menggelar pelatihan pembuatan poster ilmiah bagi pelaksana PKM UM didanai Dikti tahun 2010. Kegiatan yang berlangsung di Aula utama gedung A3 Lt 2 ini dimulai pukul 12.30.

Sebanyak 159 mahasiswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan yang adalah dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) UM, yakni Dody Priyatmono, S.Sn dan Andreas Syah Pahlevi, S.Sn. Selain itu dari tim pengembang penalaran universitas, Drs. Purbo Suwasono, M.Si, Dr. Endang Suarsini, M.S, Dr. Heny Kusdiyanti, MM, Ahmad Fahmi, ST, MT, Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd, Drs. Solichin, M.Kes, dan Dr. Saichudin, ST., MT sebagai pembimbing PKM juga menghadiri acara ini.

Kepala Sub bagian MPI, Drs. Rochman Santoso menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan mahasiswa UM menuju Pimnas 2010, semua karya ilmiah wajib membuat poster ilmiah, “atas dasar tersebut diselenggarakan pelatihan ini” tegasnya. Tidak hanya itu, Bapak yang berperan aktif dalam penyusunan proposan PKM ini juga menjelaskan poin penting mengenai poster ilmiah. “Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan poster ilmiah sesuai yang telah digariskan adalah visible, interesting , structured, useful, accurate, legitimate, dan simple” tegasnya.

Visible artinya poster tersebut mudah dilihat, titik poin pada gambar, foto, teks, jenis huruf, dan warna, interesting berarti poster tersebut menarik, titik poin pada objek-ojek dan prinsip seni yaitu keseimbangan, irama, dan empasis, structured, bahwa isi poster jelas arahnya/terstruktur, useful (berguna sebagai alat komunikasi) dan inovatif, Accurate (teliti dalam mengolah gambar), legitimate (mengikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan), dan simple (sederhana).  Kegiatan yang juga dihadiri oleh Pembantu rektor bidang Kemahasiswaan ini berakhir pukul 16.00 WIB.