UM Jalin Kerjasama Beasiswa dengan Bank Indonesia

Rektor UM, Prof. Dr. H. Suparno saat menandatangani MoU

Sabtu (23/4) Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof. Dr. H. Suparno  menghadiri acara penandatangan perjanjian kerjasama (MoU) beasiswa antara kantor Bank Indonesia Malang dengan UM, Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN). MoU BI dengan UB telah dilakukan sehari sebelumnya. Kegiatan yang berlangsung di kantor BI Malang ini dihadiri oleh rektor UM, rektor UIN, dan para pejabat bidang Kemahasiswaan masing-masing universitas. Dari UM, hadir Kabag Kemahasiswaan, Dra. Fatmawati dan Kasubag Kesma, Drs. Gatot Mukti.

Para mahasiswa penerima beasiswa BI juga menghadiri acara tersebut. Acara dimulai pukul 14.00 dengan penandatanganan MoU oleh para rektor bersama Pjs. Pemimpin Kantor Bank Indonesia Malang. Dalam pidatonya, Pjs. Pemimpin BI menyebutkan bahwa beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa di tiga universitas di Malang ini merupakan bentuk kepedulian BI terhadap pendidikan di Indonesia. Sementara itu, beliau melanjutkan beasiswa BI diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik, minimal semester 5, telah menempuh 90 sks, IPK 2,75, usia maksimal 25 tahun, tidak sedang bekerja, dan tidak menerima beasiswa dari instansi lain, Tidak hanya itu, diadakan penugasan pembuatan makalah tentang Kebanksentralan kepada mahasiswa penerima BI ini. Untuk tahun ini, beliau menegaskan bahwa BI mengeluarkan beasiswa Rp 250.000/bulan yang dibayarkan kepada tiap mahasiswa per semester, jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu Rp 200.000 yang dibayarkan tiap bulan, perubahan sistem pembayaran ini dimaksudkan untuk mempermudah manajemnen administrasi universitas. “jangan lihat dari jumlah rupiah berapa yang kami berikan,tapi  lihatlah empati BI untuk memajukan pendidikan di Indonesia”, tegasnya.

Rektor UM, rektor UIN, dan Pjs Pemimpin BI

Sementara itu, rektor UM, Prof. Dr. H. Suparno menegaskan bahwa pemberian beasiswa dari BI kepada mahasiswa UM sangat bermanfaat, karena beasiswa BI dapat membantu mahasiswa yang tidak mampu dan hampir tidak melanjutkan kuliah karena hambatan tidak adanya dana, selain itu, rektor menghimbau kepada mahasiswa UM penerima BI untuk melaksanakan tugas untuk pembuatan makalah tentang Kebanksentralan.

Setelah MoU selesai, Pjs pemimpin BI dan rektor serta para pejabat lainnya meninggalkan ruangan, acara dilanjutkan dengan sosialisasi Kebanksentralan oleh para pegawai BI, sebanyak tiga materi yang disampaikan oleh tiga pemateri yang berbeda diberikan kepada mahasiswa dan dilanjutkan dengan tanya jawab “materi ini bermanfaat bagi saya, walaupun saya bukan dari FE, namun materi ini merupakan ilmu baru bagi saya dalam bidang ekonomi khususnya bidang Kebanksentralan”, ungkap salah satu peserta yang menghadiri acara tersebut.

Para mahasiswa dari UM dan UIN Malang